Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) UNIMAS 2023

Senin,22 September 2023 - 12:19:24 WIB
Dibaca: 307 kali

Mojokerto, unimas.ac.id – Universitas Mayjen Sungkono menggelar acara PKKMB Tahun 2023 selama 3 hari pada tanggal 22 hingga 24 September 2023 di kampus Unimas kota Mojokerto. Total mahasiswa dari seluruh fakultas adalah 440 mahasiswa.

Hari pertama, Jum’at, 22 September 2023, diadakan pembekalan untuk mahasiswa baru Unimas. Acara diawali dengan pembagian kelas sesuai dengan fakultasnya masing-masing. Kemudian, terdapat sosialisasi mengenai Simfomas tentang tata cara pengisian KRS yang disampaikan oleh tim IT Simfomas dan ketua prodi masing-masing fakultas. Kegiatan terakhir yaitu pelatihan baris-berbaris untuk persiapan apel pembukaan PKKMB oleh tim KORAMIL dan juga pengarahan untuk persiapan PKKMB oleh panitia PKKMB dan BEM Unimas. Acara berakhir pukul 17.20 dan mahasiswa baru kembali ke rumah masing-masing.

Pada Hari kedua, diselenggarakan Upacara Pembukaan PKKMB pada Hari Sabtu 23 September 2023 yang dilaksanakan di lapangan bawah Gedung UKM Unimas. Acara ini dihadiri oleh Ketua Yayasan 1, BPH, Kepala Unit Aliran Kas, Rektor Unimas beserta jajarannya, Kepala dan anggota LPPM, Kepala dan anggota LPAK, Kepala dan anggota LPKPA, Ketua LKBH, Ketua Koperasi, Dekan dan jajarannya, serta kepala Biro.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan mengheningkan Cipta oleh Rektor Unimas. Kemudian, pembacaan laporan oleh ketua panitia PKKMB, Bapak Junus, S.H., M.Hum. Pengukuhan Mahasiswa Baru selanjutnya dilakukan oleh Rektor Unimas beserta penyampaian sambutan.

Dalam sambutannya, Rektor Unimas, Ir. Budi Utomo, M.MA menyampaikan selamat kepada seluruh Mahasiswa Baru Universitas Mayjen Sungkono karena telah resmi menjadi mahasiswa di Unimas. Keberagaman latar belakang dan jurusan yang dipilih tidak menyurutkan semangat para mahasiswa untuk siap dan terus menimba ilmu selama empat tahun ke depan. Beliau berpesan, para mahasiswa baru harus mencari ilmu tidak hanya dalam kampus, namun juga kegiatan diluar kampus. Karena, masa depan tidak dapat dibangun hanya dari selembar kertas, tetapi diharapkan mahasiswa baru dapat menjadi bagian dari pemimpin Indonesia di masa depan. Maka, para mahasiswa harus mempersiapkan diri mulai dari sekarang.

Menurut Rektor Unimas, IP tinggi tidaklah menjadi sebuah fokus utama. Namun, kepemimpinan, kemampuan berkomunikasi juga haruslah dikembangkan dan diasah karena hal tersebut sangatlah penting dan dapat mengantarkan para mahasiswa ke masa depan yang cerah.

Kemendikbud telah meluncurkan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka atau MBKM yang bertujuan menjadi trobosan dalam memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar di luar kampus yang bertujuan memperkaya pengetahuan dan pengalaman. Beliau berharap dengan adanya MBKM ini, mahasiswa akan mencetak prestasi tidak hanya dalam akademik, namun juga non-akademik diluar kampus.

Setelah itu, secara simbolis Rektor Unimas, Ir. Budi Utomo, M.MA membuka acara PKKMB dengan memotong tali dan mengibarkan balon ke angkasa. Penyematan identitas mahasiswa baru sebelum memulai PKKMB juga dilaksanakan oleh Bapak Rektor Unimas dan diikuti oleh seluruh mahasiswa baru Unimas.

Acara dilanjutkan dengan menyanyikan Hymne dan Mars Unimas oleh tim Paduan Suara Mahasiswa. Penyampaian Do’a dilakukan oleh bapak M.Bahtiar Ubaidilah, S.Pd.I., M.Pd.I agar acara PKKMB dapat berjalan lancar hingga selesai dan tidak ada suatu halangan apapun. Lalu, terdapat persembahan beberapa lagu dari tim paduan suara : Unimas Sakti Female Choir. Peserta apel tampak menikmati persembahan tersebut. Sebelum ishoma, acara diakhiri dengan sesi foto bersama.

 

Setelah pelaksanaan ishoma, Bapak Ketua 1 Yayasan, Fajar Purwanto, S.Ked., SM., MM menyampaikan materi tentang Sejarah berdirinya Universitas Mayjen Sungkono. Unimas didirikan oleh Yayasan Pendidikan dan Sosial MKGR/GOLKAR Mojokerto berdasarkan Akta Notaris No.10/1981. Tanggal 20 Agustus 1981 yang selanjutnya disempurnakan dengan Akta Perubahan Pengurus No. 5 Tahun 1984, tanggal 4 April 1984. Terdapat 4 Pendiri sebagai berikut:

  1. Alm. Kolonel H. Bagoes Sasmito
  2. H. Soekadi Hadi Soebroto
  3. Alm. David Sardjono
  4. Alm. Jacobus Frehadi, BA.

Terdapat tujuh kali perubahan nama dan pengurus semenjak berdirinya Yayasan dengan nama Yayasan Pendidikan dan Sosial MKGR/GOLKAR Mojokerto hingga berubah nama menjadi Yayasan Pendidikan dan Sosial Mayjen Sungkono Mojokerto”(YPS-MSM) berdasarkan Akta Perubahan Anggaran Dasar No. 62 tanggal 30 September 2021, Kol. Inf. Hadi Purnomo. Sebagai Ketua Umum (2021-Sekarang).

Kemudian, beliau juga menceritakan tentang fakultas yang ada di Unimas sejak pertama kali berdiri hingga sekarang terdapat 4 fakultas yaitu:

  1. Fakultas Hukum/ Ilmu Hukum
  2. Fakultas Pertanian/ Agribisnis
  3. Fakultas Ekonomi dengan Program Studi Manajemen dan Akuntansi
  4. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan / Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris.

Saat ini, terdapat Ketua Yayasan, Kolonel Inf. Hadi Purnomo, dan Ketua 1 Yayasan yaitu Fajar Purwanto, S.Ked., SH., MM. Terdapat 9 pergantian Rektor Unimas hingga Rektor yang sekarang menjabat yaitu bapak Ir. Budi Utomo, M.MA.

Kegiatan berikutnya adalah perkenalan kampus (Curriculum Vitae) yang disampaikan oleh Rektor Unimas, Ir. Budi Utomo, M.MA. Pertama, beliau mengenalkan tentang internal Rektorat, kemudian mengenalkan pejabat struktural Rektorat, Dekan dan jajarannya hingga kaprodi beserta Jobdesk atau pembagian tugas dari masing-masing pejabat.

Bapak Lucius Andik Rahmanto, SH., M.Kn. Wakil Rektor 1 Unimas, menyampaikan tentang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan Kalender Akademik Unimas. MBKM adalah program yang telah dilaksanakan oleh kemendikbud yang intinya, mahasiswa tidak hanya belajar di dalam kampus, namun dapat belajar di luar kampus dengan mengikuti pertukaran pelajar. Program MBKM ini telah berjalan selama dua tahun dan saat ini terdapat dua mahasiswa yang sedang mengikuti PMM 3 (Pertukaran Mahasiswa Merdeka) di Bali dan juga Kalimantan. Selanjutnya, beliau juga menyampaikan dan menjelaskan tentang kalender akademik tahun 2023 hingga nanti akhir tahun ajaran 2024 kepada para mahasiswa baru.

Kepala Bakesbangpol kota Mojokerto dan tim FPK (Forum Pembauran Kebangsaan) menyampaikan materi tentang Wawasan Kebangsaan yang terdiri dari 4 (empat) pilar Kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Dengan harapan, mahasiswa baru dapat terus menjunjung tinggi nilai-nilai dari 4 pilar kebangsaan tersebut baik di dalam kampus, maupun dalam kehidupan sehari-hari.

Materi 4 anti yaitu Anti Kekerasan Seksual, Anti Perundungan, Anti Intoleransi, dan Anti korupsi dijelaskan oleh bapak M.Bahtiar Ubaidilah, S.Pd.I., M.Pd.I. Pertama, Kekerasan Seksual, adalah Setiap tindakan maupun ucapan yang dilakukan seseorang untuk memanipulasi & menguasai orang lain agar terlibat dalam aktivitas seksual yang tidak dikehendaki. Pelanggaran terhadap hak seksual dan kesehatan reproduksi. Kedua, Perundungan adalah Penyalahgunaan kekuatan berupa perilaku agresif atau yang bertujuan untuk menyakiti orang lain, dilakukan secara sengaja dan berulang, dengan memanfaatkan ketimpangan kekuasaan. Ketiga, Intoleransi adalah Sikap dan pandangan yang tidak menghargai perbedaan antar individu, sehingga mengabaikan nilai-nilai toleransi serta melakukan diskriminasi. Nilai-nilai toleransi meliputi, kemampuan ekonomi, jenis kelamin, orientasi seksual, agama, abilitas/disabilitas, etnisitas, penduduk local vs. pendatang, usia. Keempat, korupsi yaitu penyelewengan atau penyalahgunaan uang negara (perusahaan, organisasi, yayasan, dan sebagainya) untuk keuntungan pribadi atau orang lain. Diharapkan, para mahasiswa baru dapat mengimplementasikan 4 anti tersebut baik dalam kegiatan perkuliahan di kampus, dan juga dalam kehidupan bermasyarakat.

Setelah penyampaian materi selesai, Bu Titik Kusumawati, SH, M.H sebagai moderator menyimpulkan keseluruhan materi wawasan kebangsaan dan materi 4 anti yang telah disampaikan oleh tim Wawasan Kebangsaan dan juga Bapak M. Bahtiar Ubaidilah, S.Pd.I., M.Pd.I. kegiatan di hari kedua pun diakhiri dengan penyerahan simbolis dari bapak Rektor Unimas kepada kepala FPK, bapak Titi Soesetio, SE.

 

Pada hari ketiga, Minggu 24 September 2023, kegiatan diawali dengan pengenalan program Badan Eksekutif Mahasiswa Unimas oleh Presbem Unimas 2023/2024, Didit Panji Saputra. Menjelaskan tentang struktural dalam BEM Unimas serta tugas-tugasnya, kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi UKM yang ada di Unimas (Jurnalistik, PSHT, GEMAPALA, IMAMMS). Terdapat juga pembukaan pendaftaran (open recruitment) anggota baru untuk anggota BEM dan UKM di stand yang tersedia.

Sosialisasi Bahaya Narkoba disampaikan oleh kepala BNN kota Mojokerto, bapak Agus Sutanto, S.E., M.Si, memberikan sosialisasi bahayanya Narkoba untuk tubuh dan juga masa depan bangsa. Setelah itu, tim BNN Kota Mojokerto melakukan pengambilan sampel urine dari 20 Mahasiswa Baru dan anggota BEM secara langsung dan didapatkan hasil dari seluruh perwakilan adalah negatif dari Narkoba.

Setelah itu, mahasiswa baru menuju ke ruangan Fakultas masing-masing untuk mendengarkan materi dari Dekan atau yang mewakili tentang pengenalan Fakultas masing-masing. Materi Fakultas Hukum disampaikan oleh Dekan FH, Putut Hadi Suprayitno, S.H., M.Hum. Materi Fakultas Pertanian disampaikan oleh Dekan FP, Ir. H Joko Sri Mulyono, M.Si. Materi Fakultas Ekonomi disampaikan oleh Dekan FE, Dwi Dewianawati, SE., MM. Materi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan disampaikan oleh Dekan FKIP yang diwakilkan oleh Wakil Dekan III, Irham Miftakhul Jannah, S.Pd, M.Pd. Dalam Pengenalan Fakultas ini, terdapat beberapa hal yang disampaikan yaitu, pengenalan Pejabat Struktural Fakultas (Dekan dan Wakil Dekan), Kaprodi, Staff yang bertugas di Fakultas, Pengenalan Jurusan dan Mata Kuliah yang ada di Fakultas, Pengenalan profil lulusan (alumni) dari masing-masing Fakultas, serta prestasi akademik dan non-akademik yang telah diraih para mahasiswa setiap fakultasnya. Mahasiswa Baru tampak mendengarkan dengan antusias penjelasan dari masing-masing Dekan Fakultas.

Ketika penjelasan telah berakhir, dilanjutkan dengan OSPEK Jurusan oleh Gubernur Fakultas masing-masing di ruang kelas. Gubernur BEM Fakultas Hukum yaitu Ruston Nawawi, Gubernur BEM Fakultas Pertanian yaitu Ilham Ikhsani E.P.K, Gubernur BEM Fakultas Ekonomi yaitu Novita Anggraini, dan Gubernur BEM FKIP yaitu Magdalena Yunanda W. Dalam OSPEK Jurusan ini, terdapat beberapa hal yang disampaikan yaitu, pengenalan Struktural BEM Fakultas, Program Kerja dan kegiatan yang akan dilakukan selama periode 2023/2024.

Dilaksanakan apel upacara penutupan PKKMB 2023 untuk menutup kegiatan selama tiga hari ini. Laporan ketua panitia oleh Bapak Junus, S.H., M.Hum bahwa kegiatan PKKMB 2023 telah selesai dilaksanakan dengan tertib dan tepat waktu. Kegiatan berjalan dengan lancar dan tepat waktu atas hasil kerjasama dari seluruh peserta dan Panitia PKKMB 2023.

Terdapat sambutan penutupan acara PKKMB 2023 oleh bapak Rektor Unimas, Ir. Budi Utomo, MMA. Beliau mengucapkan terimakasih banyak kepada seluruh panitia acara PKKMB ini karena acara telah terselenggara dengan tertib dan tepat waktu. Kemudian, beliau juga mengucapkan selamat kepada seluruh peserta PKKMB karena telah secara resmi menjadi mahasiswa di kampus Universitas Mayjen Sungkono. Beliau berharap, semoga para Mahasiswa Baru dapat mengikuti kegiatan perkuliahan dengan sungguh-sungguh dan agar terus menimba ilmu tidak hanya didalam kampus, namun juga diluar kampus dan kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan Gerakan perubahan menjadi individu yang lebih baik lagi.

Setelah itu, penyerahan maba ditandai dengan penyerahan jas almamater oleh rektor Unimas dan diikuti seluruh peserta, menandakan secara resmi para peserta PKKMB menjadi mahasiswa dan mengikuti kegiatan akademik dan non-akademik kampus Unimas.

Kegiatan PKKMB ini tidak berakhir sampai penutupan apel, namun panitia PKKMB juga mengumpulkan donasi dari para peserta dengan dibentuk kelompok yang isi donasinya berupa beberapa sembako (minyak, gula, beras, mie instan). Sembako ini kemudian dibagikan ke warga sekitar kampus yang membutuhkan. Sebanyak 96 Paket sembako yang telah dibagikan ke area kota dan kabupaten Mojokerto.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan kita dapat menjadi pribadi yang bermanfaat bagi sesama yang membutuhkan pertolongan. Juga, dapat mewujudkan cita-cita Unimas, satu hati, menuju Unimas SAKTI (Solid, Akuntabel, Kreatif, Transparan, dan Inovatif) Unimas, Luar Biasa.

Tim Liputan Unimas, mengabarkan.

 

 

 

(glo)


Unimas Mojokerto || SIM Akademik Unimas Mojokerto || Elearning Unimas Mojokerto